Tips Membuat Desain Cafe Klasik

Tips Membuat Desain Cafe Klasik

Desain Cafe Klasik – Ide ide brilian dalam menghadirkan karya arsitektur bernilai tinggi tidak hanya bisa kita lihat dari sebuah bangunan besar seperti masjid, gedung, bandara, rumah mewah akan tetapi tempat nongkrong berupa cafe misalnya saat ini banyak hadir dengan penekan desain klasik.

Mengapa harus klasik ? tentu saja pertanyaan ini akan sangat mudah dijawab karena cafe sendiri selain menghadirkan menu yang lengkap, suasana yang nyaman namun dari sisi interior dan exterior bangunan harus memorible bagi semua orang yang pernah datang kesana.

Nantinya, diharapkan anda akan mendapatkan pelanggan loyal yang tanpa dibayar dengan suka rela mempromosikan cafe anda melalui akun media sosial mereka.

Saratnya tentu saja cafe haruslah bagus dan ini terlalu mainstrem memang, maka dari itu desain cafe klasik mengusung beberapa gabungan unsur keindahan bisa dikatakan lebih unik dan berbeda dari tempat lainya.

Ada beberpa point inti dalam artikel ini, kami akan bagi menjadi beberapa bahasan saja secara singkat, semoga anda bisa mengambil inspirasi untuk mengembangkan cafe ke arah desain klasik.

Apa itu desain klasik ?

Desain Cafe Klasik

Pertanyaan ini harus bisa dijawab dan dipahami dulu oleh calon owner cafe.

Klasik disini secara singkat maksudnya adalah sebuah desain yang memadukan unsur mewah dan elegan serta stylish menjadi satu.

Pemilihan material, furnitur akan saling mendukung satu sama lain dalam memberikan kesan lebih kental dari nuansa klasik.

Gaya klasik juga mampu memperdiksi trend gaya arsitekur sepuluh tahun kedepan, jadi tidak akan ketinggalan jaman memang.

Adapun beberapa ciri khas bangunan cafe klasik ini bisa kita lihat dari beberapa aspek antara lain:

  • Pengunaan tiang besar dengan gaya kuno tapi mewah

Dalam sebuah cafe, anda bisa menggunaka tiang pancang dari bahan dasar kayu utuh misalkan. Hindari terlalu banyak menggunakan bahan beton atau tembok jika anda ingin kesan kalsik terasa hangat di cafe anda.

Dalam banyak kasus, anda bisa mencontoh misalkan tempat ngopi orang orang jaman dulu dalam sebuah kerajaan romawi misalkan. Kalian ambil ide ini bisa dari sebuah film film kolosal disana pasti akan menyoroti ruang ruang tempat makan, minum maka bisa kalian duplikat sebisa mungkin.

  • Hampir sebagian besar furnitur wajib menggunakan kayu

Pemilihan kayu juga tidak sembarangan, hindari menggunakan kayu dengan warna terang apalagi cat biasa. Cobalah mencari kayu yang lebih unik dari sisi tekstur kemudian seratnya.

Minimal kalian menggunakan kayu jati dalam furnitur cafe klasik ini baik meja, korsi sampai dengan interior kamar mandi.

  • Dari sisi warna, klasik akan erat dengan warna gold

Klasik lebih cendurung mengarah ke glamor memang. Penggunaan warna gold yang dominan akan memberikan kesan lebih kental ke nunasa klasik.

Dalam desain interior cafe, kalian bisa memaksimalkan warna gold ini.

Desain Cafe Klasik

Desain Cafe Klasik Terbaru

Untuk lebih detail lagi, bisa mencari ide ide terbaru dari gaya bangunan ala timur tengah. Intinya dalam point pertama ini kita harus paham definisi klasik seperti apa barulah nanti bisa mencari material kemudian tukang yang bisa mengerjakan proses pembangunan atau renopasi cafe dengan baik dan memuaskan.

Desain Cafe Klasik Outdoor atau Indoor

Kemudian bagian ini anda bisa mengkonsep lebih jauh lagi ingin membuat cafe dengan gaya outdor atau indor.

Saran saya, gabungkan dua perpaduan ini menjadi satu jika anda memaksakan hanya outdor saja maka tentu kurang maksimal kecuali memang bajed anda sangat banyak.

Cafe klasik khusus outdor sendiri akan memakan banyak biaya. Dimana anda harus membuat atap full kaca dengan lebar yang luas untuk melindungi semua furnitur kayu supaya selalu tetap aman dari air hujan dan trik panas.

Namun, jika cafe anda hanya berukuran kecil maka tidak menjadi maslaha. Kaca yang cocok anda gunakan sudah jelas kaca tempred dengan ketebalan 10mili.

Sedangkan jika melakukan penggabungan maka sangat mudah sekali di indor anda menekankan full gaya klasik sedangkan outdor bisa gaya lebih modern dan minimalis.

Dari sisi tampilan secara keseluruhan model penggabungan ini sangat rekomended sekali.

Desain Cafe Klasik Outdoor

Desain Cafe Klasik Lesehan

Dalam menghadikan nuansa klasik pada cafe jenis lesehan sendiri ada satu point yang harus anda lakukan yakni pada bagian lantai tempat duduk pengunjung cafe wajib menghadirkan motif kayu.

Lantai kayu sendiri tentu saja kalau menggunakan kayu asli full maka akan sangat susah menemukanya dan sangat mahal.

Maka solusinya adalah anda bisa menggunakan kombinasi kayu asli dengan vinyl motif kayu ini sudah bisa mengahdirkan kesan klasik meskipun tidak full.

Cafe lesehan bisa anda buat dilantai 2 misalkan, kemudian pada bagian tangga bisa anda berikan ornamen oranamen gaya timur tengah dari vigura, sampai dengan pemberian lighting pada anak tangga.

Desain Cafe Klasik Minimalis

Selain hadir dengan pilihan gaya modern mewah, model cafe klasik sendiri bisa anda desain lebih singkat dan padat dengan mengusung tema minimalis.

Untuk mewujudkan cafe minimalis bergaya klasik sebenarnya pointya hampir sama dengan bahasan diatas. Anda bisa merubah furniture full bahan dasar kayu solid menjadi ukuran lebih kecil atau sederhana.

Tips Membuat Desain Cafe Klasik

Desain Cafe Klasik Minimalis

Secara singkat akan kami berikan point pentingnya dibawah ini. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat desain cafe bernuansa klasik adalah

  1. Memahami makna dari klasik pada sebuah cafe. Karena bisa jadi penggunaan unsur klasik pada rumah dan bagunana seperti cafe misalkan akan mengalami sedikit perbedaan.
  2. Mencari sumber referensi sebanyak banyaknya. Ada kalanya dalam menciptakan cafe yang indah anda menggabungkan banyak desain menjadi satu. Usahakan perkaya sumber refrensi anda dalam membuat setiap sudut cafe anda terlihat kental dengan nuansa klasik ini.
  3. Mulai list furniture apa yang bisa mendukung penuh kesan klasik di cafe anda mulai dari meja, kursi cafe, kemudian dapur, sampai dengan piring dan lain sebagainya.
  4. Perlu atau tidak anda menggunakan perlengkapan seperti permadani dalam menguatkan unsur klasik ini. Jika target pasar anda orang orang gedongan, cafe dengan hamparan permadani khas timur tengah sangat wajar anda gunakan.
  5. Cari developer yang bisa mewujudkan keinginan anda, karena jarang sekali mungkin developer yang bisa membuat full unsur klasik pada sebuah cafe. Maka dari itu anda harus jeli mencari demi mendapatkan hasil akhir yang maksimal.

Kesimpulan:

Diakhir artikel ini secara garis besar, membuat cafe dengan unsur klasik murni bisa jadi sangat susah karena dari sisi material, kemudian perlengkapan prabotan dan yang lainya.

Akan tetapi, tentu saja unsur klasik pada sebuah cafe tidaklah harus secara keseluruhan. Demi mengirit bajed anda bisa menekankan pada beberapa bagian sudut penting di cafe anda. Intinya adalah, ketika orang pertama kali masuk maka dia akan disambut oleh kesan klasik tersebut.

Main Menu